WELCOMETO MY BLOG

Selasa, 20 September 2011

Kalung Penumpang Titanic Dicuri di Arena Pameran

  foto 

 Sebuah kalung milik seorang penumpang kapal Titanic yang tenggelam pada 1912 digondol maling pada ajang pameran perhiasan di Denmark. Kalung emas bersejarah itu hilang ketika dipamerkan pada acara pameran benda-benda kuno di Tivoli, Copenhagen.

Polisi setempat menyelidiki kasus ini dan akan menyediakan hadiah 1.000 euro (Rp 12 juta) bagi yang bisa menemukan kembali barang langka tersebut.

Menurut juru bicara pameran, Torben Planks, ketika kalung itu hilang pada Sabtu, 17 September 2011 pagi waktu setempat, "Lemari kaca tidak rusak dan alarm tidak berbunyi." "Hal ini cukup memalukan," tambahnya.

Sejarawan maritim, Claes Goran Wetteerholm, mengatakan benda bersejarah itu dipercaya milik seorang penumpang kelas utama dari Philadelphia, Amerika Serikat, Eleanor Widener, yang meninggal pada 1912 ketika kapal yang ditumpangi tenggelam.

Widener berasal dari keluarga sangat kaya di Amerika Serikat yang turut serta dalam pelayaran perdana Titanic, kapal terbaik di zamannya.

Lebih dari 1.500 penumpang dan kru meninggal ketika kapal Titanic tenggelam di Atlantik Utara pada 15 April 1912 setelah menghantam gunung es saat melakukan pelayaran perdana.

Pemilik arena pameran, Luis Ferreiro, mengatakan kalung tersebut telah diasuransikan dengan nilai 14.000 euro (Rp 170 juta). "Potongan benda tersebut sangat penting. Benda itu memiliki sejarah bagi masyarakat dunia," ujarnya kepada the Associated Press. Namun dia meragukan benda yang dicolong maling itu laku dijual.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar