WELCOMETO MY BLOG

Sabtu, 24 September 2011

Install Windows di MacBook


Bagi MacBook Owner yang ingin Mac OS X nya ditambahi dengan system Windows bisa dilakukan sendiri tanpa harus dibawa ke “tukang servis”. Tinggal anda beli cd Windowsnya dan install sendiri.
Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan, bisa pakai Boot Camp Assistant bawaannya Macintosh atau pakai virtual machine seperti VMware atau Parallel Desktop.
Jika anda memakai virtual machine (VMware misalnya) anda bisa berpindah dari system Windows ke Macintosh atau sebaliknya dengan cepat secepat kilat tanpa restart, karena dua-duanya running. Macintoshnya lagi play musik anda bisa ngetik di Windows, anda juga bisa mengambil data di Macintosh HD dari Windows. Proses instalasinyapun mudah, bahkan tak perlu instal driver segala macem.
Tapi….jika anda tuh anak muda yang demen games 3D, apalagi game-game yang berat, sepertinya anda musti pakai cara satunya deh. Karena game-game 3D yang bakal anda instal mengira performance MacBook anda low, memory low, displaycard virtual, beberapa hardware tak aktif dan lain sebagainya.
Jika anda mania games atau ingin system Windowsnya berjalan optimal, sepertinya anda musti pakai bootcamp buat instal Windowsnya. Tapi…anda harus merelakan Macintosh HD anda berkurang banyak kapasitasnya karena musti berbagi dengan Windows.
Jangan kawatir, proses instalasi Windows pakai bootcamp juga mudah kok. Tinggal buka dan jalankan aplikasi/utility/boot camp assistant. Bagi dua hardisk dengan kapasitas sesuka anda, masukkan cd Windows ke optical drive lalu start Windows installer.
Satu hal yang sering keliru, ketika proses instalasi Windows sampai pada sesion dimana kita musti memilih pastisi mana yang akan dipakai untuk Windows, eee……keliru partisi punyanya Macintosh, alhasil…kehapus deh Macintoshnya. Kalau anda ragu, pilih saja partisi paling bawah, atau biasanya sudah terformat FAT32, atau drive C. Pilih partisi tersebut dan format ke NTFS.
Tapi jika terlanjur keliru dan Macintoshnya terhapus, anda tak perlu kawatir, instal ulang saja Macintoshnya dengan 2cd bawaannya. Masukan cd1 dulu, nyalakan MacBook, tekan dan tahan tombol option sampai mucul boot order option dan pilih booting dari cdnya.
Setelah proses instalasi Windows selesai, masukkan Mac OS X cd1 bawaan MacBook dan run setup untuk instal driver. Kalau udah selesai, restart sekali dan…jadi deh. Kalau mau masuk ke system Macintosh, anda harus restart dulu, pencet dan tahan tombol option dan pilih Macintosh. Boot default bisa anda rubah di control panelnya Windows.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar